MARKETING SUKSES : 7 LANGKAH SUKSES MENJADI MARKETING HANDAL
Didalam sebuah perusahaan
ujung tombaknya adalah marketing, Pemasar terbaik ditimnya adalah mereka yang
sudah faham esensi dari penjualan. Marketing adalah bidang yang unik, bukan
hanya jago bicara tapi harus memiliki jiwa leadership, ide dan strategi.
Untuk pemasar yang baru terjun
belum faham yang harus dilakukan.. Ini biasanya Pemasar baru yang mereka fokuskan
adalah bagaimana menjual produk dengan cepat dan sebanyak banyaknya, ketika
tidak sesuai harapan biasanya mereka down.
Marketing adalah seni menjual,
bukan hanya yang diandalkan jago dalam promosi. Banyak hal yang perlu
dipelajari dalam seni menjual, apa saja langkah dasar sukses di dunia Marketing
:
1. Impian ( Dream )
Marketer hebat dan sukses
selalu memiliki Impian besarnya, Dream adalah sesuatu yang diinginkan dan
berusaha untuk mencapainya. marketer harus mempunyai target jangka pendek,
menengah, dan panjang.
Mengapa memerlukan target? agar kinerja kita terukur
setiap waktunya. Impian harus ditulis dalam buku khusus sebaiknya tempel gambar
yang sesuai dream anda, agar setiap anda down dan membuka dream book nya ada
semangat yang baru lagi.
2. Sikap
Marketer yang handal mempunyai
sikap yang baik, memiliki kepekaan rasa calon konsumennya. Kita harus memahami
kebutuhan konsumen kita, Jika sikap kita baik akan mengundang konsumen untuk
mendengarkan promosi kita. Impian dan sikap adalah penentu terbesar kesuksesan
kita.
3. Daftar nama
Langkah ke tiga ini penting,
ini adalah aset kita. Tulis dan klarifikasikan calon konsumen/nasabah kita yang
kita kenal. Semakin banyak daftar nama kita semakin besar potensi kita mencapai
goal. Jika daftar nama kita sedikit lalukan yang namanya Prospekting, prospekting
adalah membuka pasar baru dengan berkenalan dengan orang baru.
4. Membuat Janji bertemu
Konsumen lebih welcome
menerima informasi, jika kita membuat janji bertemu. Apalagi konsumen dari
kalangan menengah keatas yang memiliki kesibukan cukup padat. Dengan membuat
janji konsumen/nasabah, mereka siap mendengarkan presentasi/promosi kita.
5. Presentasi
Presentasi adalah menjelaskan
sebuah produk,manfaat,jasa atau yang lainnya kepada calon konsumen bertujuan
menarik minat calon konsumen kita untuk membeli produk kita,Presentasi itu
ibarat iklan.
Nasabah atau konsumen kita
membeli produk tergantung cara presentasi kita, yang paling penting kita
memahami kondisi calon konsumen, jangan pernah berdebat dengan calon konsumen
kita, jika kita mendebat pendapat konsumen itu sama saja anda menutup
presentasi anda tanpa Closing.
Hukum dadu akan terjadi saat
kita presentasi. Angka 6 tidak selalu muncul, tapi pasti muncul entah yang
keberapa kalinya kocokan dadunya. Semakin banyak anda melakukan presentasi pasti
ada yang tertarik untuk mebeli produk anda.
6. Followup
Calon Konsumen/nasabah ada 3
tipe setelah kita presentasi Yang pertama, 10% langsung membeli Produk kita,
Yang kedua 10% langsung menolak. Dan yang ketiga ada 80% ragu ragu, Calon
konsumen yang ketiga ini adalah pasar terbesar kita yang membutuhkan keyakinan.
Jangan pernah kita tinggalkan calon konsumen ke tiga ini, mereka membutuhkan waktu untuk mempelajari. Tugas
kita adalah mem Followup, bina hubungan yang baik. Suatu saat mereka membeli
produk kita.
7. Pelayanan
Setelah terjadi penjualan,
jangan lupa mereka butuh pelayanan. Langkah ke 7 ini kalau saya sebut istilahnya
magic selling, mengapa? Disini lah akan terjadi repeat order. Pembeli lama akan
membeli lagi produk kita (konsumen tetap), karena pelayanan kita yang baik
kepada konsumen atau nasabah kita. Yang perlu diingat adalah konsumen akan
membeli produk kita lagi faktor terbesarnya adalah pelayanan.
Nah itu langkah langkah dasar
untuk sukses dunia marketing, ini tips sesuai pengalaman saya jangan telan
bulet bulet ya, konsultasikan kembali dengan team leader anda. Prinsipnya marketing
adalah seni menjual. So Happy selling......